Programer, antara hobi dan pekerjaan



Sering sekali ketika bertemu teman atau saudara pasti mereka bertanya tentang kerjaan, dan pertanyaan itu kurang lebih seperti ini, “mas kerjanya apa ?”  dengan santai saya menjawab “saya programer freelance pak” langsung seketika mereka berkata “wah keren mas…….bisa buat virus dong” . inilah kata-kata yang sering mereka lontarkan ke saya, memang hobi saya adalah ngoding, , biasanya kalo sepi orderan saya bisa buat program semau saya tanpa tuntutan dan tanpa deadline(biasanya program aneh2 yang saya buat :D) beda lagi ceritanya pas dapat project, pernah suatu ketika ada proyek skala pemerintahan, awalnya sih permintaannya simple, tapi lama2 ada permintaan gaib muncul dari si pembeli (di awal perjanjian gak ada ), selain permintaan gaib, permintaan nya tuh aneh2 bangett, udah budget sedikit mintanya segunung, itupun kadang2 mereka masih nawar harga, dan dari sini saya mulai sedikit gak semangat koding, karena apa ? karena TUNTUTAN, jadi meskipun anda punya hobi apapun, secinta apapun anada terhadap hobi anda akan beda ceritanya kalo sudah jadi pekerjaan, maka dari itu pikirkan matang-matang dalam mencari rejeki anda, bisa saja hal yang anda benci  atau hal yang di anggap sepele bisa mendatangkan rejeki, sekian curhatan saya 

Terima Kasih :)

Komentar

  1. The racetrack race tech titanium - Tatanium-Arseniks
    Tatanium-Arseniks. This racing titanium will not trekz titanium pairing be joico titanium used as a replacement part of the racing equipment but is a smith titanium part titanium tubing of the titanium pot track.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer